Cara Menghilangkan Henna yang Sudah Kering

cara menghilangkan henna yang sudah kering

cara menghilangkan henna yang sudah kering

Cara Menghilangkan Henna yang Sudah Kering – Henna merupakan bahan kosmetik herbal tertua di dunia. Henna sendiri adalah tanaman yang tumbuh di negara dengan iklim tropis seperti negara Afganistan, Iran, Palestina, Pakistan, India, Mesir, Afrika, dll.

Dalam kebudayaan negara-negara Arab, henna termasuk elemen penting dalam upacara pernikahan. Henna merupakan pewarna buatan yang berasal dari daun Henna atau disebut juga tumbuhan pacar yang dipakai untuk mewarnai kuku atau hiasan seni kuno yang bernama Mehndi.

Mehndi merupakan tato temporer dengan pola rumit dan indah yang dipakai pada pengantin wanita dalam upacara pernikahan. Sebagai pewarna alami, henna bisa pudar serta hilang dengan sendirinya dalam waktu satu hingga dua minggu. Namun, Anda bisa memakai berbagai cara menghilangkan henna di kuku dan tangan dengan cepat.

Lalu bagaimana cara menghilangkan henna yang sudah kering? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah agungkate.my.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Cara Menghilangkan Henna yang Sudah Kering

cara menghilangkan henna yang sudah kering

Sumber: https://www.alodokter.com

1. Rendaman Air Garam

Cara menghilangkan henna di tangan bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan rendaman air garam. Caranya yaitu Anda cukup merebus air hingga hangat, kemudian larutkan dengan garam laut atau garam Epsom.

Kandungan natrium klorida dalam garam bisa merawat sel-sel kulit sehat serta menyingkirkan sel-sel kulit mati. Rendam bagian tangan Anda yang dipenuhi henna selama 15-20 menit, sambil menggosoknya dengan halus dan lembut. Henna yang ada di lapisan kulit luar akan mengelupas dengan cepat.

2. Minyak Kelapa dan Gula Tebu

Campuran minyak kelapa dan gula merah dapat Anda gunakan untuk menghilangkan henna dengan cepat. Caranya yaitu Anda hanya cukup untuk menggosokan campuran tersebut ke area kulit yang dipenuhi henna. Bulir-bulir gula yang kasar berguna sebagai scrub untuk eksfoliasi kulit Anda.

Lakukan perawatan tersebut selama 15-20 menit atau hingga seluruh bagian henna telah bersih. Selanjutnya, Anda cukup membilas dengan air hangat.

cara menghilangkan henna yang sudah kering

Sumber: https://kawaiibeautyjapan.com

3. Baking Soda dan Jus Lemon

Manfaat lemon sebagai agen pembersih kulit memang telah terbukti ampuh. Anda juga bisa memakai jus lemon yang dicampur baking soda untuk menghapus henna. Cara menggunakan baking soda dan lemon untuk menghilangkan henna di tangan, yaitu:

  • Ambil setengah cangkir air hangat, 1 sdm baking soda,2 sdt jus lemon.
  • Pakai cotton bud atau kapas untuk membersihkan henna secara merata.
  • Diamkan selama beberapa saat hingga meresap.
  • Lakukan langkah tersebut hingga henna menghilang dari kulit Anda.

Perlu Anda ketahui, bahwa jangan mengaplikasikan baking soda dan air perasan lemon ke kulit wajah, sebab kulit wajah sangat sensitif dan berisiko iritasi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kerak di Setrika

4. Minyak Zaitun dan Garam

Cara menghilangkan henna di kuku yaitu dengan cara mencampurkan minyak zaitun dan garam. Caranya sangat mudah yaitu Anda hanya perlu menyiapkan 4 sdt garam laut dan satu cangkir minyak zaitun. Gosokan campuran tersebut ke kuku Anda hingga tato henna Anda bersih.

5. Baby Oil

Anda juga dapat memanfaatkan baby oil untuk menghapus tato henna Anda. Caranya yaitu dengan beberapa tetes baby oil yang dicampurkan ke air hangat secukupnya.

Setelah itu, basuh area kulit yang dipenuhi henna dengan campuran tersebut. Basuh selama kurang lebih 15 menit. Anda juga bisa memakai kapas untuk membasuhnya hingga henna hilang. Kemudian bilas sampai bersih.

Sumber: https://padukata.com

6. Sabun Antibakteri

Anda bisa memakai sabun antibakteri yang biasa Anda gunakan. Dalam sabun antibakteri terkandung alkohol tinggi yang berguna untuk memudarkan warna dari henna. Selain itu, di sabun antibakteri juga terkandung scrub eksfoliasi yang juga ampuh membersihkan sel-sel kulit mati.

Caranya yaitu gosokan sabun antibakteri ke tangan Anda hingga henna hilang. Kemudian, bilas seperti biasa dan jangan lupa pakailah pelembap kulit setelahnya supaya kulit tidak kering.

Baca Juga: Cara Memakai Cuka Apel untuk Jerawat

7. Scrub Eksfoliasi Kulit

Ada berbagai jenis produk scrub eksfoliasi kulit yang bisa Anda pakai untuk menghapus henna di kulit atau kuku. Caranya pun mudah yaitu seperti perawatan kulit sehari-hari. Rendamlah bagian tangan yang terdapat henna dengan air hangat, kemudian gosok dengan scrub eksfoliasi hingga henna mengelupas.

8. Hidrogen Peroksida

Pakailah perawatan kosmetik yang memiliki kandungan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida berguna untuk membersihkan permukaan kulit, tetapi Anda juga harus memilih jenis hidrogen peroksida yang tepat dan aplikasikan sesuai aturan di kulit tangan Anda.

Sumber: https://www.popmama.com

9. Pasta Gigi

Pasta gigi pemutih juga dapat menghilangkan henna di kuku. Selain itu, pasta gigi juga memiliki kandungan hidrogen peroksida untuk membersihkan. Caranya yaitu Anda hanya cukup menggosokan pasta gigi ke area kulit dengan henna hingga henna hilang. Maka, Anda akan melihat henna mulai memudar, kemudian bilaslah sampai bersih.

10. Kondisioner Rambut

Produk kondisioner rambut ternyata juga bisa menghilangkan henna, lho! Caranya yaitu oleskan kondisioner ke tato henna Anda dan biarkan selama beberapa menit hingga kondisioner meresap di kulit Anda. Selanjutnya, bilas dengan air hangat hingga henna di area kulit tangan Anda hilang.

Baca Juga: Cara Memakai Citra Fresh Glow

11. Micellar Water

Micellar Water merupakan salah satu dari rangkaian perawatan kulit untuk membersihkan bekas riasan wajah. Anda bisa memakai produk micellar water yang sesuai untuk kulit Anda untuk menghilangkan henna.

Cara menggunakan micellar water untuk menghilangkan henna yaitu dengan cukup oleskan micellar water dengan kapas lalu gosok ke area kulit dengan lembut. Anda nantinya akan melihat tato henna terkelupas hingga bersih.

Selanjutnya, Anda bisa mencuci tangan Anda dengan air hangat dan melanjutkan perawatan kulit lainnya dengan losion.

12. Sabun dan Air Hangat

Apabila Anda tidak ingin repot-repot memakai bahan-bahan tersebut untuk menghilangkan henna, maka Anda bisa membersihkan henna hanya dengan sabun mandi biasa dan air hangat. Caranya yaitu, setiap Anda mencuci tangan, maka dengan sendirinya partikel henna akan memudar.

Itulah berbagai cara menghilangkan henna yang sudah kering yang dapat Anda lakukan. Semoga artikel ulasan diatas dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba sendiri di rumah.

Baca Juga: Cara Memakai Body Scrub